Berita Arena

Asal Mula Berdirinya Borneo FC

Asal Mula Berdirinya Borneo FC
Logo Borneo FC
Logo Borneo FC saat ini Bertemakan Lumba-lumba

Borneo F.C. merupakan club sepak bola Indonesia yang datang dari Samarinda, Kalimantan Timur. Club ini bermain di Divisi Penting Liga Indonesia 2014 seusai mengakuisisi club Perseba Super Bangkalan pada tanggal 7 Maret 2014, mengambil alih Persisam Samarinda jadi Club asal samarinda, Kalimantan Timur.

Pada 2015, mereka bertanding di Indonesia Super League berstatus sebagai club promo. Jalani dua pertandingan pada ISL 2015,langkah PBFC pada akhirnya berhenti sesudah PSSI serta persaingan dibekukan Menpora RI. Setelah itu, mereka terjun di Piala Presiden, sekaligus juga sukses tembus Set 8 Besar.

Setelah turut di Piala Presiden, Pusamania Borneo FC ikut juga berperan serta di Indonesian Championship Torabika Piala Jenderal Sudirman 2015 serta mereka dapat tembus set Semi final. Pusamania Borneo F.C. sempat juga memenangkan kompetisi Piala Gubernur Kalimantan timur 2016, serta jadi Runner up di Piala Presiden 2017. Pada musim 2017, Pusamania Borneo F.C. ganti nama timnya jadi Borneo F.C. untuk melalui persaingan Liga 1.

Tentang Borneo FC

Nabil Husein Said Amin yang awalnya adalah ketua koordinator daerah Pusamania di Malaysia (Pusamalaya) jadi orang penting di balik terbentuknya Pusamania Borneo FC. Pemuda berumur 20 tahun itu bersama dengan PT Nahusam Pratama Indonesia jadi tubuh hukum PBFC, berkemauan ingin bawa kembali kejayaan sepak bola Samarinda di arena nasional. Tanggal 7 Maret 2014 disetujui jadi tanggal bulan serta tahun sah berdirinya Pusamania Borneo FC.

Tahun 2014 jadi titik permulaan PBFC bertanding di persaingan sepak bola Indonesia. Mengangkat sasaran maju ke persaingan kelas paling tinggi Indonesia, jejeran pemain terkenal dihadirkan ke Samarinda. Tidak lupa, kekuatan lokal Benua Etam diikutsertakan dalam scuad club yang dipanggil Pesut Etam.

Stadion Segiri Samarinda yang sampai kini sama dengan kejayaan sepak bola Samarinda diambil Pusamania Borneo FC jadi kandang mereka untuk melayani beberapa lawannya. Stadion memiliki hampir dua puluh ribu tempat duduk berbentuk curva itu dipanggil Theater Of Hell.

Club sepak bola yang bermarkas di Kalimatan Timur ini sudah sangat lekat dengan masyarakatnya. Di Kalimatan Timur, pendukung Borneo FC sudah mendapat julukan Pusamania yang sangat setia dengan dengan Borneo FC. Borneo FC juga memiliki sebuah akademi atau sekolah sepakbola yang fungsinya untuk meningkatkan prestasi pemain-pemain mereka.

Suporter Borneo FC

Peresmian Borneo FC
Peresmian Borneo FC oleh Nabil Husein Said Amin

Pusamania sudah mulai lahir sejak berdirinya Borneo FC yang dulunya bernama Persisam samarinda. suporter yang selalu setia bersama Borneo FC ini memiliki warna kebanggaan mereka yaitu warna orange. Pusamania mempunyai hubungan harmonis dengan Barito Mania, The Jak Mania, Aremania serta supporter yang lain di indonesia.

Setiap ada laga pertandingan Borneo FC, Pusamania serta Barito Mania tetap ada untuk memberi dukungan penuh untuk Borneo FC. Tidak bertindak egois dengan Barito Mania, Pusamania juga setia mendukung Barito Putera bersama dengan Barito Mania disetiap laga pertandingan Barito Putra FC.

Akademi Borneo FC

Prestasi Junior PBFC
Prestasi Junior PBFC U-12

Akademi yang didirikan Borneo FC adalah Akademi Pusamania Borneo Football Club yang disingkat menjadi PBFC. Program akademi ini bertujuan untuk pembinaan tim-tim junior yang dibina langsung oleh tim senior Borneo FC serta pelatih-pelatih terbaik lainnya.

Akademi ini juga akan melakukan kerjasama dengan akademi klub klub besar di Asia dan juga Amerika latin untuk pembinaan pemain usia U-12 sampai pemain usia U-21. Tujuan dari kerjasama antara PBFC dan akademi di klub besar Asia dan Amerika latin adalah untuk pengembangan potensi pemain-pemain sepak bola Indonesia.

Content Protection by DMCA.com
administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *