Berita Arena

Sejarah Berdirinya Barito Putera FC

Sejarah Berdirinya Barito Putera FC
Judi Bola Online
Logo Brito Putera FC
Lambang club sepak bola Barito Putera FC

Barito Putera FC adalah club sepak bola yang berkandang di daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Club sepak bola yang didirikan pada tahun 1988 ini bermarkas di stadion 17 Mei Banjarmasin. Club yang masuk divisi 1 liga Indonesia pada tahun 2013 ini pernah menjadi juara liga Indonesia pada musim 2011/2012.

Barito Putera dibuat dengan keinginan memajukan sepak bola Kalimantan Selatan. Lahir dari ide H. Abdussamad Sulaiman HB, yang waktu itu sedang mempertaruhkan nyawa di RS Pondok Indah Jakarta sebab hadapi operasi besar. Kerangka awal team datang dari Persinus Banjarmasin club lokal Kalimantan Selatan serta dari team persiapan PON Kalimantan Selatan tahun 1988 seperti, Radiani, Tarmizi (Barabai), Masransyah (Rantau), Abdillah, Sultan (Martapura), dua bersaudara M.Yusuf serta M.Riduan, Sear Yusuf Huwae, Enong Noordiansyah, serta Marjono (Banjarmasin). M. Yusuf dipilih jadi kapten pertama Barito.

Lantaran ingin bicara banyak di Persaingan Galatama Barito Putera menghadirkan beberapa pemain Nasional seperti Agus Salim, Muchtar, serta Abunawas dari Ujung Pandang, selanjutnya dari Jawa Barat dihadirkan M.Yunus, Nadir Salasa dari Surabaya, Sugiarto dari Malang serta Priyo Haryadi dari Jakarta. Awal berdirinya langsung mengikuti Galatama, dengan manager M Hatta serta Arsitek Andi Lala. Pada Persaingan Galatama 1988 itu Barito hanya bisa menempati di posisi 18.

Masa-masa Sulit Barito Putera FC

Premain Barito Putera
Pemain-pemain Barito Putera di masa 2003

Barito putera pernah mangalami mengalami masa sulit dalam kancah sepak bola Indonesia. Walapun diasuh oleh pelatih Frans Sinatra Huwae, namun tidak dapat mengubah masa sulit Barito Putera FC karena masalah keuangan. Barito Putera di turunkan ke Divisi I Liga Indonesia pada tahun 2003.

Krisis mereka bersambung dan mereka terdegradasi ke Divisi II Liga Indonesia pada tahun 2004, walau sudah ganti pelatih mereka ke Gusti Gazali. Ada isu jika club itu pailit, tetapi selanjutnya dihalau oleh manager Hasnuriyadi. Zainal Hadi HAS selanjutnya diangkat jadi manager serta dia menunjuk Salahuddin jadi pelatih. Pada akhirnya pada tahun 2008, mereka memenangi Divisi II Liga Indonesia, serta promo ke Liga Indonesia Divisi I. Pada tahun 2010, Barito finis di tempat delapan serta dipropagandakan ke Divisi Penting Liga Indonesia dengan pemain seperti Sugeng Wahyudi, Husin Mugni, Dwi Permana, Zulkan Arief, Adre Djoko serta sartibi Darwis.

Bangkitnya Barito Putera FC Di Liga Indonesia

Barito Putera Juara 2011-2012
Prestasi Barito Putera Juara Liga musim 2011/2012

Pada musim Divisi Utama 2011-2011 Barito berusaha untuk keluar dari keterpurukan. Kendati hanya bermaterikan beberapa pemain muda, Barito dapat berkompetisi dengan beberapa pesaing lainnya serta jadi team yang pantas diakui. Pada musim ini Barito dapat finish di posisi ke 6 setelah di laga paling akhir ditaklukkan PSS Sleman 0-1 serta tidak memperoleh peluang untuk promo ke Liga Super. Barito naik rangking ke 5 sesudah PSSI memberi hukuman Persebaya Surabaya sebab diketahui menggunakan pemain yang tidak resmi.
Scuad Barito Putera 2011/2012

Coach Salahudin sukses bawa Barito Putera ke kelas paling tinggi sepak bola Indonesia serta sukses jadi Raja di Divisi Penting 2011-12 sesudah menaklukkan Persita Tangerang 2 – 1 di Stadion Manahan, Solo. Gol Barito Putera dibuat oleh Sugeng Wahyudi serta Sackie Teah Dou. Waktu datang di Banjarmasin, scuad Barito Putera diterima bak pahlawan serta mengarak trofi juara keliling Banjarmasin dengan diringi beberapa ribu penggemar setianya sampai kira-kira 3km.

Coach Salahudin sukses bawa Barito Putera ke papan atas Liga Super Indonesia dengan menempati rangking ke 6 Klassemen akhir Liga Super Indonesia 2013 Serta jadi club promo Paling baik Liga Super Indonesia 2013.

Content Protection by DMCA.com
Situs Poker Online
administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *