Berita Arena

Terbentuknya Tim Persela Lamongan FC

Terbentuknya Tim Persela Lamongan FC
Logo persela Lamongan
Logo Persela Lamongan

Persatuan Sepak bola Lamongan atau lebih dikenal dengan sebutan Persela Lamongan adalah sebuah klub profesional yang berkedudukan di Kota Lamongan, Jawa Timur.


Meski telah berdiri sejak 18 April 1967, Persela baru mulai menunjukkan eksistensinya di pentas sepak bola nasional setelah kompetisi memasuki era profesional. Itu pun setelah berjalan sembilan tahun, atau tepatnya pada musim 2003 silam, ketika mereka sukses promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia, level tertinggi kompetisi sepak bola di tanah air kala itu.


Sebelumnya, tim ini hanya berkutat di level bawah, yakni Divisi Dua Liga Indonesia dan Divisi Satu Liga Indonesia. Namun semuanya berubah begitu sukses promosi ke divisi utama lewat partai play-off di Stadion Manahan, Solo, pada penghujung 2003. Sejak saat itu, Persela terus unjuk kemampuan hingga akhirnya menembus Superliga, kasta tertinggi kompetisi sepak bola nasional yang baru pertama kali digulirkan musim ini.

Di tengah dualisme kompetisi Sepak bola di Indonesia, Persela tetap memilih bergabung ke Liga Super Indonesia pada musim 2011-12 hingga saat ini.

Persela setiap tahun selalu melahirkan bakat-bakat berkualitas. Dari pemain muda bahkan sampai yang baru memunculkan bakatnya di Persela Lamongan walaupun umurnya tidak muda lagi. Sebut saja, Samsul Arif, Zaenal Arifin, Fandi Eko Utomo sampai Dendy Sulistyawan.

Prestasi Persela Lamongan Di Liga Super Indonesia

Tentang Persela Lamongan FC
Atribut Persela yang sangat serasi dengan lambangnya Persela Lamongan

Musim 2011-12 menjadi musim awal masuknya Persela Lamongan ke liga besar Indonesia menjadi tahun yang sangat gemilang. Dari awal persaingan di musim itu hingga akhir musim liga super Indonesia, Persela mampu duduki di peringkat 4 klasmen liga.

Walaupun tidak masuk dalam dalam posisi tiga besar liga Indonesia, Persela Lamongan menjadi tim yang sangat di perhitungkan bagi para lawan-lawannya. Meroketnya prestasi dari Persela Lamongan tidak lepas dari para pemain-pemainnya dan pelatihnya kala itu yang memang sangat hebat dalam bekerja sama dan mengatur strategi.

Dimusim berikutnya, Persela Lamongan merosot Jauh ke posisi 12 klasmen liga Indonesia. Namun ada hal yang menarik pada musim 2012-2013 dari Persela Lamongan. Walapun berada diposisi 12 klasmen liga, Persela mampu membuat sebuah rekor paling banyak kala itu.

Hal yang sangat menarik yang dibuat oleh Persela Lamongan adalah saat menang melawan PSPS Pekanburu. Kemenangan tersebut menjadikan Persela Lamongan memiliki 5 catatan hebat dalam sejarah musim 2012-2013. Sejarah yang dicatat oleh Persela adalah menang terbesar, skor terbesar, gol terbanyak oleh satu tim, menang kandang terbesar dan gol terbanyak tuan rumah.

Tentang Julukan Persela Lamongan

Persela Lamongan menjadi tim dengan julukan terbanyak di liga super Indonesia. Klub yang berasal dari lamongan ini memiliki tiga buah julukan dengan artian yang sangat baik dan sangat bagus untuk dijadikan motivasi bagi para pemain-pemainnya. Julukan tersebut adalah:

Laskar Joko Tingkir

laskar Joko Tingkir
Laskar Joko Tingkir adalah tokoh cerita dari daerah Lamongan

Diambil dari salah satu tokoh kerajaan Pajang (Lamongan) yang gagah, kuat serta pemberani. Didalam cerita masyarakat Lamongan, sosok Joko Tingkir pernah mengalahkan seekor buaya raksasa yang sangat kuat. Mengambil inspirasi dari cerita ini, Persela lamongan diharapkan dapat mengalahkan lawan-lawan yang besar seperti halnya sosok Joko Tingkir.

Lele Glajah

Lele Glagah
Lele Glagah yang dikeramtkan oleh warga Lamongan

Di logo persela ada “simbol ikan lele”, sekaligus untuk julukan lain dari Persela Lamongan Tidak hanya Laskar Joko Tingkir. Ikan Lele adalah “binatang yang di keramatkan” buat warga Lamongan terutamanya wilayah kecamatan Glagah. Mereka dilarang untuk mengonsumsi lele oleh leluhurnya, yakni Surajaya. Sebab Surajaya sudah bernazar jika ia serta keturunannya tidak makan lele, karena lele sudah selamatkannya.

Ikan Lele memiliki filosofi sebagai ikan yang dapat hidup di mana saja walau kualitas air kurang bagus, nama Lele Glagah lantaran Kabupaten Lamongan ada di daerah Jawa sisi timur. Oleh karenanya, Persela diberi julukan Lele Glagah dengan keinginan Persela Lamongan tidak gampang kalah walau harus berlaga di kandang musuh.

Lumba-lumba Biru

lumba-lumba biru
lumba-lumba biru icon pantai utara lamongan

Fauna khas dari pantai utara di Lamongan adalah lumba-lumba biru. Hewan yang cerdas, lincah serta bersahabat ini diharapkan menjadi motivasi bagi Persela untuk terus melahirkan pemain-pemain yang cerdas, lincah, dan sangat bersahabat dengan sepakbola.

Content Protection by DMCA.com
administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *